langkah langkah membuat database

Langkah-langkah membuat database

klik start Microsoft office lalu Microsoft office accsess pilih blank database muncul field name lalu klik create.

klik views pilih design view lalu akan muncul save as isi table name nya misalnya “mahasiswa” klik ok.

Setelah itu Isi fild name untuk account tablenya misalnya (NIM, NAMA, JENIS KELAMIN, ALAMAT).

Klik view datasheet view, masukan data sample ke table ‘’mahasiswa’’. Simpan kembali tabel yang telah dibuat tadi dengan cara klik kanan pada tab nama tabel lalu klik Save, atau langsung menggunakan shortcutCtrl + S pada keyboard.

Buat table baru caranya sama seperti langkah sebelumnya, di menu create klik table pilih view klik design view lalu akan muncul save as isi table name nya “Matakuliah” klik ok.

Isi field name untuk account tablenya misalnya (Kode matakuliah, Nama Matakuliah, SKS, Semester).

Di menu Views klik datasheet view, masukan data sample ke table Matakuliah. Simpan kembali tabel yang telah dibuat tadi dengan cara klik kanan pada tab nama tabel lalu klik Save, atau langsung menggunakan shortcutCtrl + S pada keyboard.

Setelah itu buat relasi antara tabel mahasiswa dan matakuliah yang telah dibuat tadi. Pilih menu database tools klik relationship.

Pada dialog box Show Table, pilih nama tabel dan klik Add untuk menambahkan  tabel ke editor relationship, lalu klik Close

Drag (klik kiri dan kanan) field (primary key) dari satu tabel kemudian drop (letakkan dan lepas) ke field (foreign key) tabel lainnya (field nim dari tabel mahasiswa ke fieldnim pada tabel ambil_matakuliah dan field kode_mk dari tabel matakuliah ke fieldkode_mk pada tabel ambil_mk)

Pada dialog Edit Relationship, klik Create, Pada jendela editor relationship akan tampak relasi dari kedua tabel tersebut seperti berikut ini

Simpan relationship dengan cara klik kanan pada tab Relationship, klik Save atau langsung menggunakan shortcutCtrl + S pada keyboard. Ini adalah contoh tampilan Database yang telah diisikan data

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *